BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Selama ini banyak
kalangan bahkan kaum pelajar belum mengerti akan arti penting keberadaan
perpustakaan. Ironisnya hal ini terjadi ditengah-tengah dari maraknya
sosialisasi mengenai urgensi perpustakaan dan perkembangan perpustakaan yang
kini telah hadir hampir di setiap lembaga pendidikan. Belum lagi dengan adanya
berbagai jenis perpustakaan sesuai fungsi dan penggunaannya, kian membutakan
kaum pelajar akan pengetahuan dari lokasi yang disebut sebagai sumber
pengetahuan ini.
Guna turut
mensosialisasikan mengenai peran dan urgensi perpustakaan, makalah ini kami
susun. Selain itu, penulis berharap agar pengetahuan para pelajar menjadi
semakin terbuka akan perpustakaan dan perkembangannya pada khususnya dan kepada
seluruh pembaca pada umumnya.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud
dengan Perpustakaan sebagai sumber belajar ?
2. Apa fungsi, jenis dan
cara penggunaan perpustakaan ?
3. Bagaimana peran
perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat informasi dan
inovasi ?
1.3 Tujuan
1. Mengetahui maksud
Perpustakaan sebagai sumber belajar.
2. Mengetahui fungsi,
jenis dan cara penggunaan perpustakaan.
3. Mengetahui peran
perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat informasi dan
inovasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Perpustakaan
Darmono
mengemukakan bahwa Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan
sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai
tempat kumpulan buku-buku atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan
sebagai media belajar siswa[1]
Pengertian perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari
bahan buku/book materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang
disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan untuk diambil
manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.[2] Ibnu Ahmad Saleh memberikan definisi
perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang
diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat
ditemukan dengan mudah dan cepat.
Perpustakaan
adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak
(buku, koran, jurnal, majalah, karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik
(pita kaset, film, slide,) yang biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang
digunakan pengunjung untuk dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.
2.2 Tujuan Perpustakaan
Tujuan
perpustakaan tidak dapat lepas dari fungsi perpustakaan. Diantara tujuan pokok
didirikannya sebuah perpustakaan adalah :
a) Menyediakan sarana
atau tempat untuk menghimpun berbagai sumber informasi untuk dikoleksi secara
terus menerus, diolah dan diproses.
b) Sebagai sarana
atau wahana untuk melestarikan hasil budaya manusia (ilmu pengetahuan,
teknologi dan budaya) melalui aktifitas pemeliharaan dan pengawetan koleksi.
c) Sebagai agen
perubahan (Agent of changes) dan agen kebudayaan serta pusat informasi
dan sumber belajar mengenai masa lalu, sekarang, dan masa akan datang. Selain
itu, juga dapat menjadi pusat penelitian, rekreasi dan aktifitas ilmiah
lainnya.
d) Menciptakan budaya
membaca untuk mencerahkan masa depan bangsa. Karena dari membaca inilah kita
dapat memperoleh berbagai macam pengetahuan yang berguna untuk menjadi bekal di
kehidupan kita yang akan datang.
2.3 Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan
mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah:
a) Fungsi penelitian
Perpustakaan
berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.
b) Fungsi pendidikan
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari
kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru di kelas.
c) Fungsi rekreasi
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati bahan yang ada.
d) Fungsi informasi
Perpustakaan
berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaandengan pemenuhan rasa
ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.
2.4 Jenis-jenis Perpustakaan
a) Perpustakaan
Negara
Kebanyakan negara di dunia mempunyai
perpustakaan negaranya sendiri. Perpustakaan negara memainkan peranan penting
dalam membangun dan menyelaras berbagai isu berkaitan perpustakaan dan
profesion pustakawan. Fungsi perpustakaan negara yang penting adalah sebagai
pusat bibliografi negara yaitu ia menyimpan dan mengkatalogkan semua hasil
penerbitan negaranya.
b) Perpustakaan awam
Perpustakaan awam termasuk perpustakaan
negeri, perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa. Ia berfungsi menyediakan
pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan kepada penduduk atau komuniti
di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah berbagai dan merangkumi bahan
bacaan untuyk semua golongan yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.
c) Perpustakaan akademik
Perpustakaan akademik adalah
perpustakaan di institusi pengajian tinggi seperti university, kolej dan
maktab. Fungsi perpustakaan akademik menyediakan bahan-bahan untuk kegunaan
para pelajar dan tenaga pengajar di institusinya.
d) Perpustakaan sekolah
Setiap sekolah biasanya dilengkapi
dengan perpustakaan atau dipanggil pusat sember. Saiz perpustakaan sekolah
kebanyakan adalah kecil dengan koleksi bahan yang sederhana. Koleksinya terdiri
daripada buku-buku rujukan seperti kamus, ensiklopedia, atlas, dan juga
buku cerita.
e) Perpustakaan khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakan
yang berada di dalam sebuah organisasi ataupun syarikat. Perpustakaan khusus
berfungsi memberikan perkhidmatan kepada pengguna yaitu mereka yang berada di
dalam organisasi itu.
2.5 Penggunaan Perpustakaan
sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab
Perpustakaan
merupakan pusat sarana akademisi. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka
berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal ilmiah,peta, surat kabar,
karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan, serta bahan-bahan non
cetakan seperti micro-fish, micro film, dll. Oleh
karena itu, perpustakaan dapat dmanfaatkaan oleh pelajar, mahasiswa dan
masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang
keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar
pada hakikatnya merupakan komponen sistem intruksional yang meliputi pesan,
orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat dipahami
sebagai segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan
memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin bahwa
sumber belajar tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber
tersebut harus memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:
à Harus dapat tersedia dengan cepat
à Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
à Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan
para siswa dalam belajar mandiri.
Sumber belajar dapat berasal dari
berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber belajar, yakni ketika
staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber yang dapat tersedia
setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan siswa secara
individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber belajar,
contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti yang
diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam pembelajaran
bahasa arab perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena
menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa
Arab.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut.[4]
a)
Keterampilan mengumpulkan informasi,
yang meliputi keterampilan:
Ø mengenal sumber
informasi dan pengetahuan
Ø menentukan lokasi
sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan
katalog dan indeks
Ø menggunakan bahan
pustaka baru, bahan referensi seperti kamus, buku tahunan dan lain-lain.
b) Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti:
Ø memilih informasi
yang relevan dengan kebutuhan dan masalah
Ø mendokumentasikan
informasi dan sumbernya
c) Keterampilan
menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi
informasi, seperti:
Ø memahami bahan
yang dibaca
Ø membedakan antara
fakta dan opini
Ø menginterpretasi
informasi baik yang saling mendukung maupun berlawanan.
d) Keterampilan menggunakan informasi, seperti :
Ø memanfaatkan
intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
Ø menggunakan
informasi dan diskusi
Ø menyajikan
informasi dalam bentuk tulisan.
2.6 Peranan Perpustakaan
Setiap perpustakaan
dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya. Secara
umum peran – peran yang dapat dilakukan adalah :
a) Sebagai Pusat Informasi
Perpustakaan merupakan salah satu
tempat yang memiliki peranan penting dalam memberikan suatu informasi. Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan pastinya mempunyai koleksi buku
tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan berpuluh-puluh ribu. Yang di dalamnya terdapat berbagai
macam jenis buku, seperti karya umum, filsafat, ensiklopedi dan
lain-lain. Tidak hanya buku, perpustakaan sekarang
juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran ataupun artikel yang dapat
dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
b) Sebagai Pusat Inovasi
Perpustakaan sebagai tempat
tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya sebagai tempat penyimpanan buku
semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya ide-ide yang kreatif. Dari
ide-ide kreatif itulah dapat tercipta suatu karya yang apat bermanfaat bagi
orang lain. Dan dari karya para pengguna perpustakaan inilah nantinya
dapat pila muncul suatu wacana atau pun gagasan yang dapat dibaca dan digunakan
oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca tentang
buku pembudidayaan jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif, maka
dari membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat
membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
c) Sebagai Pusat Sumber Belajar
Perpustakaan merupakan upaya untuk
memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar.
Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung
atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar
di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal
ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar
yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan
sarana pendidikan.[5]
Fungsi Pendidikan Perpustakaan
merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal. Artinya perpustakaan
merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun dalam lingkungan
pendidikan.
Untuk memelihara efisiensi
danefektivitas proses belajar mengajar. Dengan adanya perpustakaan di sebuah
sekolah atauperguruan tinggi dapat membantu pengguna perpustakaan bisa lebih
cepat dalam membantu mencariliteratur atau bahan untuk proses
pembelajaran. Sehingga masyarakat dimana perpustakaan itu berada
dapat mendapatkan informasi yang cepat dan akurat denganadanya perpustakaan
tersebut.
Untuk memberikan kemudahan bagi proses
belajarmengajar dimana perpustakaan itu berada, kemudahan itu antara lain:
· Kemudahan mencari informasi
· Kemudahan mencari bahan
pembelajaran
· Kemudahan menemukan buku yang
tidak dijual di toko buku[6]
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Pengertian
perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book materials
dan bahan nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem tertentu
dipersiapkan untuk diambil manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki
sebagian maupun keseluruhan.
Fungsi Perpustakaan yaitu untuk
penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi. Jenis-jenis Perpustakaan
diantaranya yaitu: Perpustakaan negara, Perpustakaan awam, Perpustakaan
akademik, Perpustakaan sekolah dan perpustakaan khhusus.
Peranan perpustakaan yakni sebagai
pusat sumber informasi, Sebagai Pusat inovasi dan Sebagai pusat sumber belajar.
3.2 Saran
Demikian makalah yang kami sajikan,
bila ada kesalahan dalam penulisan juga kekurangan dalam segi pembahasan mohon
dimaklumi. Dengan segala kerendahan hati, kami sebagai penyusun makalah
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman dan dosen
pembimbing agar dapat memperbaiki makalah selanjutnya.
Daftar Pustaka
[1] Darmono.Manajemen dan Tata
Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,2001)
[3] Irma Indayu Oumar, Panduan Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing Sdn. Bhd. 2005)
[4] Hs, Lasa, Petinjuk Praktis
Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press,1994)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar