BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang
mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara-cara yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Sedangkan Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif,
yang mana didalamnya mencakup beberapa hal diantaranya adalah: perencanaan,
penerapan dan evaluasi. Dalam pengembangan kurikulum, tidak hanya melibatkan
orang yang terkait langsung dengan dunia pendidikan saja, namun di dalamnya
melibatkan banyak orang, seperti: di dalam mengembangkan sebuah kurikulum
juga harus menganut beberapa prinsip dan melakukan pendekatan terlebih dahulu,
sehingga di dalam penerapannya sebuah kurikulum dapat mencapai sebuah tujuan
seperti yang di harapkan. Dan mengenai prinsip-prinsip dasar pengembangan
kurikulum akan kami jelaskan selengkapnya dalam pembahasan.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apakah
pengertian dari pengembangan kurikulum?
1.2.2 Hal
apa saja yang termasuk dalam prinsip-prinsip pengembangan kurikulum?
1.2.3 Apa
saja Prinsip yang Dianut dalam Pengembangan Kurikulum?
1.3 Tujuan
1.3.1 Untuk
mengetahui makna dari pengertian pengembangan kurikulum
1.3.2 Dapat
menyebutkan apa saja yang termasuk dalam prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum
1.3.3 Dapat
menyebutkan Prinsip yang Dianut dalam Pengembangan
Kurikulum
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pengembangan
Kurikulum
Pengembangan kurikulum adalah istilah
yang komprehensif, didalamnya mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi.
Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika pekerja
kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan
perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta didik. Penerapan
Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum berusaha mentransfer
perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum
merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa
besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian program-program yang telah
direncanakan, dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri. Dalam pengembangan
kurikulum, tidak hanya melibatkan orang yang terkait langsung dengan dunia pendidikan
saja, namun di dalamnya melibatkan banyak orang.
2.2
Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum
Dalam usaha untuk mengembangkan
kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan. agar kurikulum
yang kita jalankan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Prinsip-prinsip dasar yang akan digunakan dalam kegiatan pengembangan kurikulum
pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu
kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat menggunakan prinsip-prinsip yang
telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru menciptakan sendiri
prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi kurikulum di suatu
lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan prinsip-prinsip yang
berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan lainnya, sehingga
akan ditemukan banyak sekali prinsip-prinsip dasar yang digunakan dalam
suatu pengembangan kurikulum. Dalam hal ini, Nana Syaodih Sukmadinata (1997)
mengetengahkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dibagi ke dalam dua
kelompok : (1) prinsip – prinsip umum : relevansi, fleksibilitas, kontinuitas,
praktis, dan efektivitas; (2) prinsip-prinsip khusus : prinsip berkenaan dengan
tujuan pendidikan, prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan, prinsip
berkenaan dengan pemilihan proses belajar mengajar, prinsip berkenaan dengan
pemilihan media dan alat pelajaran, dan prinsip berkenaan dengan pemilihan
kegiatan penilaian. Herry Hernawan dkk (2002) mengemukakan lima prinsip dasar
dalam pengembangan kurikulum, yaitu :
1. Prinsip relevansi;
kurikulum merupakan rel-nya pendidikan untuk membawa siswa dapat hidup sesuai
dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat serta membekali siswa baik dalam
pengetahuan,sikap maupun keterampilan sesuai dengan tuntunan dan harapan
masyarakat.oleh sebab itu,pengalaman-pengalaman belajar yang disusun dalam
kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat.inilah yang dimaksud
prinsip relevansi.ada dua macam relevansi,yaitu relevansi internal dan
relevansi eksternal.relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus
memiliki keserasian antara komponen-komponennya,yaitu serasi antara tujuan yang
harus dicapai,isi,materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki
siswa,strategi atau metode yang digunakan serta alat penilain untuk melihat
ketercapain tujuan.relevansi internal ini menunjukan keutuhan suatu kurikulum.
2. Prinsip fleksibilitas;
dalam pengembangan kurikulum mengusahakan agar yang dihasilkan memiliki sifat
luwes, lentur dan fleksibel dalam pelaksanaannya, memungkinkan terjadinya
penyesuaian-penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi tempat dan waktu yang
selalu berkembang, serta kemampuan dan latar belakang peserta didik Prinsip
fleksibilitas memiliki dua sisi: Flexible dalam memilih program pendidikan
serta fleksibilitas dalam mengembangkan program pengajaran.
3. Prinsip kontinuitas; yakni
adanya kesinambungan antara berbagai tingkat sekolah,dan antara berbagai
tingkat bidang studi dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara
horizontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus
memperhatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar jenjang
pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan.
4. Prinsip efisiensi; prinsip efisiensi
berhubungan dengan perbandingan antar tenaga,waktu,suara,dan biaya yang
dikeluarkan dengan hasil yang diperoleh kurikulum dikatakan memiliki tingkat
efesiensi yang tinggi apabila dengan sarana,biaya yang minimal dan waktu yang
terbatas dapat memperoleh hasil yang maksimal.betapa pun bagus dan idealnya
suatu kurikulum,manakala menuntut peralatan,sarana dan prasarana yang khusus
serta mahal harganya,maka kurikulum itu tidak praktis dan sukar untuk
dilaksanakan.kurikulum harus dirancang untuk dapat digunakan dalam segala keterbatasan.
5. Prinsip efektivitas;
prinsip efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat
dilaksanakan dan dapat dilaksanakan dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar
mengajar.terdapat dua sisi efektivitas dalam suatu pengembangan kurikulum.pertama,efektivitas
berhubungan dengan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas mengimplementasikan
kurikulum di dalam kelas.kedua,efektivitas kegiatan siswa dalam
melaksanakan kegiatan belajar.
2.3 Prinsip yang Dianut dalam Pengembangan Kurikulum
Ada sejumlah prinsip yang digunakan
dalam pengembangan kurikulum,diantaranya:
1. Prinsip relevansi, Kurikulum dan
pengajaran harus disusun sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kehidupan peserta
didik
2. Prinsip efektifitas, Berkaitan
dengantingkat pencapaian hasil pelaksanaan kurikulum
3. Prinsip efisiensi, Berkaitan dengan
perbandingan antara tenaga, waktu, dana, dan sarana yang dipakai dengan hasil
yang diperoleh
4. Prinsip kontinuinitas, Kurikulum
berbagai tingkat kelas dan jenjangpendidikan disusun secara berkesinambungan
5. Prinsip Fleksibilitas,disamping
program yang berlakuuntuk semua anak terdapat pula kesempatan bagi amak
mengambil program-program pilihan
6. Prinsip integritas, kurikulum hendaknya
memperhatiakn hubungan antara berbagai program pendidikan dalam rangka
pembentukan kepribadian yang terpadu
BAB II
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dalam usaha untuk mengembangkan kurikulum ada beberapa
prinsip dasar yang harus kita perhatikan; adapun prinsip-prinsip didalam
pengembangan kurikulum menjadi dua kelompok yaitu pertama: prinsip – prinsip
umum : a. relevansi, b. fleksibilitas, c. kontinuitas, d.
praktis, e. efektivitas. Kedua prinsip-prinsip khusus :a. prinsip
berkenaan dengan tujuan pendidikan,b. prinsip berkenaan dengan pemilihan
isi pendidikan, c. prinsip berkenaan dengan pemilihan proses belajar
mengajar,d. prinsip berkenaan dengan pemilihan media dan alat pelajaran, e.
prinsip berkenaan dengan pemilihan kegiatan penilaian.serta adanya
prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum yang terkait dengan kurikulum
satuan pendidikan.
3.2 Saran
Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam pembuatan makalah ini
masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan didalam pembuatan makalah ini.
oleh karena itu, dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran
baik dari dosen pemimbing maupun dari pembaca budiman. atas kritik dan saran
nantinya kamis ucapkan terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Dra, Subandijan.1996.Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum.Jakarta:PT.Raja
Grafindo
Soetopo,Hendiyat.1982.Pembinaan Dan Pengembangan
Kurikulum.Jakarta:Bina Aksara
Idi.Abdullah.2009.Pengembangan Kurikulum Teori Dan
Praktik.Jogjakarta:Ar-Ruzz Meda
Wina,Sajaya.2008.Kurikulum Dan Pembelajaran.Jakarta:Kencana
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan
kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hernawan, Herry dkk.
2002 lima prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum. Jakarta
: Arjuna
Syaodih, Nana
Sukmadinata. 1997. prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Jakarta:Bina Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar